Tiga Kemerdekaan

18 08 2011

tiga kemerdekaanNegara yang telah berdiri mempunyai 3 kemerdekaan, setidaknya menurut pendapat pribadi. Pertama adalah kedaulatan. Baik secara politik dalam negri maupun diakui negara lain. Indonesia telah mempunyai itu, meskipun gonjang-ganjing kasus korupsi masih membuat resah dan gelisah. Kedua adalah kemerdekaan berbudaya. Kaitannya dengan karakter bangsa yang mempunyai kepribadian. Kekayaan ragam budaya Indonesia yang terdiri dari berbagai keyakinan, suku, ras, golongan dan sebagainya sebetulnya telah menunjukkan kemerdekaan berbudaya. Tapi acapkali konflik horisontal sering muncul. Hilang lalu muncul lagi dan seterusnya seperti sebuah siklus berulang. Salah satunya adalah kondisi saudara-saudara kita di tanah Papua yang saat ini sedang bergejolak. Semoga permasalahan segera usai dengan baik. Dan Papua tetap Indonesia

Kemerdekaan ketiga adalah masalah ekonomi. Apakah Indonesia sudah merdeka secara ekonomi? Bangsa yang penuh dengan kekayaan alam (SDA) ini belum sepenuhnya bisa mengelolanya dengan baik, secara mandiri. Satu contohnya adalah dalam hal kekayaan alam berupa air yang seharusnya dikelola oleh pihak berwenang (dalam hal ini pemerintah mempunyai kebijakan) untuk sepenuhnya bagi kepentingan hajat hidup orang banyak. Tapi nyatanya, banyak sumber mata air Indonesia dikuasai oleh pihak asing yang kemudian dijadikan air mineral dalam kemasan (AMDK). Perusahaan yang mempunyai pangsa pasar terbesar di Indonesia untuk urusan AMDK memang sudah menjadi milik asing alias “privatisasi” semenjak beberapa tahun lalu. Jadi bisa dikatakan 80 persen lebih keuntungannya lari ke negara lain. Hanya sisanya yang berupa pajak menjadi pemasukan negara dan menjadi sumber untuk kepentingan hajat hidup orang banyak. Itu juga dengan asumsi pemasukan pajak berjalan baik-baik saja tanpa mafia.

Di atas baru disinggung soal air mineral. Bagaimana dengan sumber kekayaan alam lain macam bahan tambang, kelapa sawit dan masih banyak lagi yang semoga tidak “dijual” lagi dengan alasan privatisasi semata demi perbaikan manajemen. Mestinya bisa dibalik paradigmanya bahwa didorong perbaikan manajemen dengan tetap pengelolaan sepenuhnya demi kepentingan hajat hidup orang banyak. Jangan sampai berlarut-larut negara yang kaya ini harus bergantung sepenuhnya pada impor sembako; beras, daging, bahkan garam.


Aksi

Information

10 responses

19 08 2011
Hybrid car

Kalau ingat dengan yang ketiga rasanya jadi lemes. Sebegitu parahkah bangsa kita dalam memanfaatkan sumber daya sendiri ? lalu kapan mandiri ?

19 08 2011
nurrahman

menurut opini pribadi cukup parah karena setidaknya selama satu dekade terakhir berlarut2. butuh pemimpin yg mau mandiri melihat potensi dgn lbh baik utk pemerataan kesejahteraan. hanya bisa berharap, terutama pada generasi muda….

20 08 2011
Fajar

Kira-kira kita ini berada dalam hukum alam gak ya mas.?
negara lain tidak memiliki kekayaan alam seperti kita tetapi memiliki sumber daya manusia yang sangat memadai, dan negara kita memiliki kekayaan alam yang banyak tapi tidak dengan SDM nya, jadi ada saling ketergantungan.
Maaf aja, mungkin ini hanya komen orang yang pesimis negara ini akan dipimpin oleh pemimpin yang kita harapkan selama ini.

27 08 2011
nurrahman

SDM negri ini memang sangat dipengaruhi kepemimpinan. sayangnya krisis kepemimpinan nampaknya masih terjadi cukup pelik *oh*

21 08 2011
Not To Bad

Dulu jaman peran dari sejarah dan film sama-sama teriak MERDEKA ATAU MATI
namun sekarang jajahan ekonomi kenapa tidak ada teriakan semacam itu
Lo invest disini, atau biarkan kami yang mengelola ini

jangan2 para pejuang ekonomi lebih enak duduk dan menerima komisi sebagai ketua komisi

maaf
salam dari pamekasan madura

21 08 2011
Catatan Negeri

sadis… membaca postingan ini jadi bingung dan kesal
sampai kapan kita bisa menunggu pemerintah kita berubah? sampai mati tentu tak mungkin, krn itu bang Ibnu skrg sudah waktunya kita bergerak dengan kemampuan kita….. dan kekuatan kita dgn cara kita masing2 untuk menjaga dan membangun negeri ini

24 08 2011
nurrahman

bang Ibnu yg dimaksud itu sapa bro?😀

22 08 2011
jepara furnishing

betul mas…
kita harus junjung tinggi kemerdekaan itu,,,
jangan sampai di jajah lagi…
apalagi ada pulau yang mau dijual atau direbut oleh pihak asing…..
kita harus pertahankan. merdeka

23 08 2011
ysalma

Kemerdekaan yang ketiga yang belum, yang dirasakan langsung rakyatnya,
tetapi statistik yang dipegang pemimpin, perekonomian Indonesia semakin membaik😥
# lebih baik SDAnya dibiarkan tidur dulu kalau SDMnya belum bisa ya.

23 08 2011
nurrahman

udah terlalu lama dibiarin,dn sebetulny sudah saatnya SDM berani..CMIIW

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: