Bubarkan KPK

10 10 2011

Bubarkan KPKJika seseorang atau sekelompok orang memang punya niat baik untuk katakan tidak pada korupsi, maka akan menilai terlebih dahulu sejauh apa kinerja KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi, bukan Komisi Pelindung Koruptor) sebelum berkomentar atau memberikan saran lebih lanjut tentang apa sebaiknya yang harus dilakukan. Lalu kalau kemudian menilai bahwa ada yang salah dengan KPK, baik dinilai gagal karena ternyata integritas orang-orang di dalamnya bermasalah atau malah sering diintervensi dengan berupa tekanan politik dan seterusnya, maka seseorang atau sekelompok orang yang walaupun berniat baik tadi akan menyarankan untuk mengecek kembali kinerja KPK dan lalu memperbaikinya, sejauh memang dinilai masih bisa diperbaiki meski takkan semua bisa suci. Dan pun jika menilai bahwa perbaikannya itu sulit serta sudah sebegitu bobrok kondisi di dalam, seseorang atau sekelompok orang tadi barangkali punya alternatif lain untuk membentuk lembaga serupa KPK yang baru dan berkata dengan lantang; Bubarkan KPK! Atau diasumsikan dalam kondisi pula jika lembaga aparat penegak hukum yang seharusnya / yang sudah ada (bukan khusus seperti KPK) yakni kepolisian, kejaksaan, dan kehakiman; lebih memungkinkan untuk diperbaiki terlebih dahulu daripada menyerahkan pemberantasan korupsi kepada lembaga khusus / adhoc macam KPK. Jadi, ini masalah strategi. Kedua kemungkinan di atas adalah probabilitas yang terjadi pada seeorang atau sekelompok orang yang masih tetap punya niat baik untuk ikut pemberantasan korupsi.

Lain hal jika itu terjadi pada seseorang atau sekelompok orang yang memang tidak punya niat baik. Bisa jadi ikut dalam kelompok mafia korupsi, maka akan melakukan berbagai hal untuk membubarkan KPK. Sebab penilaian secara umum sejauh ini bahwa lembaga aparat penegak hukum kepolisian jaksa dan hakim sudah sedikit demi sedikit atau bahkan sudah banyak berhasil disusupi oleh mafia korupsi dan kroninya. Sehingga sesuai dengan apa yang pernah dirilis oleh ICW, seseorang atau sekelompok orang yang memang berniat buruk itu ingin membubarkan KPK, punya beberapa strategi untuk realisasinya. Seperti pelemahan KPK dari sektor legalisasi, intervensi politik, sampai ada yang mengatakan langsung di depan media bahwa; Bubarkan KPK!

Belum lama ini santer lagi isu perihal bubarkan KPK. Ada orang-orang yang tak malu dan lantang berkata seperti itu bahkan di depan media. Tak peduli apa posisi mereka baik dewan perwakilan rakyat, pengacara, politisi dan sebagainya. Dan apa yang dikatakan di mulut mereka itu, kita takkan pernah tau apa yang ada di hati sesungguhnya. Bisa jadi manis dan masuk akal logika dengan silat lidah, meski esensinya brutal. Tapi permasalahannya saat ini yang harus dijawab dan diketahui, apakah mereka itu berniat baik atau butruk? Hanya hati kecilnya (kalau masih punya hati kecil / nurani yang baik) dan Tuhan saja (kalau ber-Tuhan) yang tau!

***

***

***


Aksi

Information

4 responses

10 10 2011
Red

mas itu kalo start dari niat buruk harusnya dia berhenti aja di bubarkan KPK . Kalo dia terus ke pembentukan lembaga superbody baru apalagi diteruskan pada penguatan aparatur hukum…kayaknya mustahil deh…lha wong niatnya udah busuk:mrgreen:

10 10 2011
nurrahman

yes, udah dibenerin mas, lha tadi salah upload gambar pas koneksi juga lelet😀

12 10 2011
nandobase

Lucu juga ya kalo dibikinin flow chart.🙂 Tapi mungkin pemberantasan korupsi itu ngga akan ada Finish-nya sampai kiamat, Gan. Ibarat memberantas tikus, walaupun sudah habis, pasti akan datang lagi tikus yang lain. Saya pikir pada gambar yang pertama, setelah ‘berantas korupsi’, tanda panahnya mungkin harus mutar balik kembali ke start. But that is just my thought.🙂

12 10 2011
nurrahman

yes betul, klo diasumsikan tambahan belah ketupat sebelum finish untuk dikasi pertanyaan “apakah korupsi sudah benar2 hilang (dan sejenisnya)?”, maka bisa looping seperti apa yg sampean sampaikan😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: