Sepeda Kampus

24 10 2011

sepeda kampusBeberapa tahun terakhir ini isu global warming masih mengemuka. Entah akan sampai tahun berapa. Salah satu imbasnya adalah masalah isu transportasi yang ramah lingkungan. Di Indonesia, salah satu moda transportasi tersebut adalah sepeda. Sehingga banyak jalur sepeda. Misalnya saja di daerah Yogyakarta. Pun begitu juga dengan sepeda kampus. Sudah jamak ada sepeda kampus yang bisa disewakan. Meskipun jumlahnya sedikit dan hanya boleh dipakai di area kampus. Lalu beberapa juga kampus telah memulai dengan solusi yang lebih bersifat sistemik atau strategis melalui kebijakan kampus. Mahasiswa baru dilarang membawa kendaraan seperti sepeda motor atau mobil. Kabarnya, pioneer-nya adalah UGM, mulai tahun ini, 2011. Sehingga sepeda sewaan diperbanyak. Meskipun tentu masih minim, tapi paling tidak lumayan. Mahasiswa baru yang berasal dari luar daerah lebih memilih untuk mencari kos di dekat kampus saja. Sedangkan mahasiswa “lokal”, harus pandai mencari tumpangan ke kampus atau naik transportasi umum. Nah, lalu muncul semacam keluhan di bagian lain. Yakni transportasi umum seperti bus mini atau angkot yang kian jarang dan dalam kondisi cukup buruk. TransJogja juga belum terlihat memberikan solusi masif. Rute dan halte belum begitu memadai.

sepeda kampus

sepeda kampus yang boleh dipakai gratis

Selain itu, salah satu faktor lain yang barangkali memberikan andil untuk menentukan arah kebijakan di atas juga barangkali mengingat bahwa jumlah mahasiswa yang masuk per tahun lebih banyak daripada yang lulus. Sehingga lahan parkir pun semakin butuh untuk diperluas.

sepeda kampus

jalur sepeda kampus di UGM

Apakah kebijakan sepeda kampus di atas telah berjalan dengan baik serta benar-benar telah dapat mengurangi polusi udara (setidaknya di area kampus)? Belum dapat ada jawaban yang baik pula mengingat program tersebut adalah baru. Di samping, tantangan penerapannya pun tentu masih terus bermunculan. Salah satunya yakni, belum lama ini para mahasiswa UGM melakukan demonstrasi sebagai bentuk kekecewaan terhadap kebijakan tersebut karena ternyata para petinggi dan civitas akademia kampus yang lainnya masih banyak yang menggunakan kendaraan bermotor.

Jadi, tantangan untuk menjadi pioneer memang tidak mudah. Semoga tetap bisa bertahan menuju perbaikan dan menjadi contoh bagi kampus lain. Sepeda kampus, bike to campus. Mungkin seperti di beberapa negara maju Eropa macam Belanda, yang mana bersepeda ke kampus adalah hal biasa. Kampus memang sudah seharusnya bukan hanya memberikan pendidikan bagi internal atau input yakni mahasiswa. Tapi juga berperan untuk mengedukasi kepedulian lingkungan bagi seluruh masyarakat.

sepeda kampus

beberapa jalur sepeda di Yogyakarta

Apakah di kampusmu juga ada sepeda kampus?!


Aksi

Information

8 responses

25 10 2011
Zh!ntHo

wah bisa mengurangi polusi nih hihihihihihi

25 10 2011
citromduro

lama tidak berkunjung disini pak Nur
semoga masih dapat tempat parkir di area parkir yang sudah berkurang untuk sepeda onthel saya

salam dari pamekasan madura

25 10 2011
nurrahman

sama2 Om, saya juga lama tak bertandang ke sana😀. parkir kampus masih cukup kok asal bawa sepeda, hehehe

25 10 2011
wibisono

Di Solo kayaknya belum ada mas.. kpan ya??

25 10 2011
nurrahman

nek di kampus UNS kykna kebijakan strategis macam itu hampir takmungkin. kecuali cuma saran atau kampanye/sosialisasi green campus. sebab kondisiny kn naik turun kyk pegunungan. nha barangakali di kampus lain macam UMS, USB, dll mungkin bisa😀

27 10 2011
ysalma

Rektor sama dekannya kudu bersepeda juga di lingkungan kampus tuh🙂

5 11 2011
Asop

UGM kan luas sekali, jadi pantas lah ada sepeda seperti itu.😀

Ini artinya ITB meniru UGM. Baru2 ini di ITB ada penggunaan sepeda gratis juga.:mrgreen:

15 11 2011
Spanduk BBM Bersubsidi « nurrahman's blog

[…] kendaraan pribadi memahami dan sayangnya pihak-pihak terkait yang bisa menjelaskan dan meng-edukasi masih belum pula berbuat banyak. Rate this: sebarkan pula di :ShareFacebookTwitterLike this:SukaBe […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: