Tips Persiapan Musim Hujan

30 10 2011

Tips Persiapan Musim HujanSudah kurang lebih setahun bencana erupsi merapi, tapi hingga kini masih ada yang menagih janji hunian tetap dan relokasi. Beberapa ruas jalan dan jembatan juga belum selesai diperbaiki. Beberapa berita di koran mengatakan jika antara pihak pusat dan daerah sepertinya belum menemukan irama kinerja yang sama dalam penanganan bencana itu. Sehingga, jika pada bulan november (bulan depan) yang diperkirakan musim hujan akan benar-benar tiba, ancaman banjir lahar dingin sisa material gunung merapi di beberapa titik di Jogja masih bisa terjadi. Oleh karena itu, mencegah adalah lebih baik. Mumpung musim hujan masih belum benar-benar tiba, berikut ini beberapa tips persiapan musim hujan yang bisa dilakukan oleh individu dan keluarga dimana saja berada.

1). Bersihkan got atau saluran air di sekitar rumah dan pekarangan, atau kontrakan dan kos. Dan selalu rajin menyapu halaman, tidak membuang sampah sembarangan serta tidak membakar sampah yang tidak sharusnya dbakar, misalnya sampah organik. Lebih baik ditimbun. Tak lupa mengurangi sampah plastik, belanja ke pasar atau supermarket dengan membawa kantong kain saja. Jika ada genangan air yang cukup besar, bisa diantisipasi dengan pembuatan lubang biopori secara massal.

2). Cek genteng rumah atau atap bangunan, barangkali ada yang rusak atau bocor.

3). Sedia payung sebelum hujan. Cek kembali apakah payung masih berfungsi dengan baik.

4). Cek kendaraan bermotor. Mulai dari rem, mesin untuk menghadapi musim hujan hingga persiapkan mantel hujan bagi pengendara sepeda motor.

5). Sediakan obat sesuai kebutuhan karena di saat pergantian musim seperti saat ini terkadang beberapa penyakit melanda.

6). Persiapkan lilin dan korek api jika genset tak ada. Terkadang musim hujan mati listrik.

7). Khusus untuk daerah rawan hujan, barangkali perlu menyiapkan perahu atau semacamnya dan lokasi pengungsian sementara. Update berita / informasi mengenai perubahan dan prakiraan cuaca dengan seksama.


Aksi

Information

8 responses

30 10 2011
wibisono

Siap siap beli mantel dan bersih2 gorong2.. musim hujan kayaknya..

4 11 2011
Ban Terbaik Di Indonesia GT Radial

“Sedia pelampung sebelum hujan” mungkin lebih tepat bagi daerah yang sering terkena “cuma genangan, bukan banjir” hehe

BAN TERBAIK DI INDONESIA GT RADIAL

31 10 2011
mandor

Payung, mantel dan obat-obatan sudah siap di rumah. Bahkan lilin pun sudah disediakan kalau-kalau listrik PLN mati tanpa ijin. Yang belum dilakukan adalah mengecek genteng dan daun-daun kering di atasnya. susah banget naik genteng …

31 10 2011
nurrahman

ati2 bung ngeceknya, safety first *trauma pernah jatuh* hehehe😀

2 11 2011
Lagu Tentang Hujan | Arif's Blog | Kumpulan Hobi

[…] hujan melanda, maka di beberapa kota terjadi musibah banjir. Oleh karena itu, mari bersama lakukan tips persiapan musim hujan :). Dan masih ngomong-ngomong tentang hujan, saya jadi teringat beberapa lagu yang saya sukai […]

4 11 2011
baju wanita

makasih tipsnya yaa…mudah2an berguna juga utk yang lainnya…salam kenal

23 03 2012
Cocoa Van Houten « nurrahman's blog

[…] yang dapat dikonsumsi sebagai minuman. Cocok untuk menemani suasana pagi hari, apalagi selepas hujan turun. Pun di saat suasana lain selagi membutuhkan kenikmatan aroma coklat, termasuk barangkali […]

18 01 2013
Don

Semoga tips ini berguna bagi banyak orang.
musim hujan begini benar2 harus menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit.😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: