Tips Makan Sehat dan Halal

29 11 2011

tips makan sehat dan halalKali ini bukan mengenai cerita tentang wisata kuliner seperti biasanya. Hanya sekadar mengumpulkan dan menyampaikan kembali mengenai tips makan yang sehat dan halal. Halal makanannya (zat-nya) tentu juga harus halal cara memperolehnya. Makanan yang sehat tidak selalu enak, tapi yang enak-enak itu juga belum tentu tak sehat semua. Langsung saja, berikut ini tips makan sehat dan halal. Semoga bermanfaat dan silakan berikan masukan-masukan, kritik maupun feedback dalam bentuk lainnya.

1. Berdoa sebelum makan, minimal membaca basmalah

2. Makan dan minum dengan tangan kanan

3. Makan sambil duduk, bukan berdiri

4. Tidak membuang-buang makanan alias menyisakannya

5. Sebaiknya tidak minum air di sela-sela makan kecuali terpaksa, misalnya keselek

6. Kunyahlah yang banyak sebelum ditelan karena bisa berpengaruh pada tingkat kekenyangan dan kemudahan pencernaan

7. Tidak meniup air minum yang masih panas, sebaiknya biarkan saja dingin dengan sendirinya

8. Makan dengan tangan alias tanpa sendok adalah bagus dan baik jika kondisi tangan atau jari-jari telapak tangan dibersihkan dahulu, serta kondisi makanan yang dimakan memungkinkan

9. Proporsi perut kita adalah sepertiga udara, sepertiga air, dan sepertiga makanan. Sehingga jangan berlebihan, berhenti sebelum kekenyangan

10. Perhatikan proporsi kandungan zat gizi, diatur dengan pola makan dalam sehari. Makan karbohidrat sesuai kebutuhan, tidak terlalu banyak. Sayur dan buah diperbanyak. Protein pun tidak berlebihan, misalnya makan daging bersama ikan sekaligus, ayam bersama susu, dan semacamnya.

11. Makan buah sebelum makan besar atau makan nasi

12. Tidur sekitar kurang lebih 30 menit hingga 1 jam selepas makan siang adalah baik

13. Jangan makan malam terlalu malam, sebisa mungkin sebelum jam 7 sudah selesai makan.

14. Membiasakan sarapan pagi adalah lebih baik daripada kebiasaan makan terlalu malam

Tips-tips di atas sekaligus sebagai pengingat terutama bagi diri sendiri agar selalu menjaga kesehatan, dan tak lupa memperbanyak gerak alias olahraga.


Aksi

Information

6 responses

1 12 2011
toni

makan mie juga tetap sehat lho hahaha

2 12 2011
cacink

boleh juga ni tips nya, oh ya kunjungi juga blog gua yg sangat sangat sederhana (baru bikin) heee

4 12 2011
ekotrisno

Boleh juga tuh tipsnya,,,, sama dengan sunnah Nabi…. salam kenal yah…

4 12 2011
ekotrisno

tapi kebanyakan orang menyepelekan,,,, seperti “kalo makan mbok yaho dengan tangan kanan, gituuu!..” tapi dia bilang.. dengan pembenarannya sendiri… ” alaaahhhh, tanggung,, ada lagi, ” udah biasa”… dll alasannya ada aja…

6 12 2011
suran

siiip

17 12 2011
Healthy life

nice post

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: