Petroleum

19 12 2011

petroleum adalah

Petroleum atau minyak bumi / minyak mentah adalah terjadi secara alami. Cairan yang mudah terbakar terdiri dari campuran kompleks hidrokarbon dari berbagai berat molekul dan senyawa organik cair, yang ditemukan dalam formasi geologi di bawah permukaan bumi. Petroleum sebagian besar diperoleh melalui pengeboran minyak (drilling). Di Indonesia, terkadang petroleum juga digunakan sebagai istilah lain untuk minyak tanah. Bahan bakar memasak yang telah jarang sekali ditemukan di pasaran karena sudah dikonversi menjadi gas elpiji.

Jika di daerah Kendal (Jateng) dan sekitarnya, minyak tanah dulu sering disebut dalam bahasa setempat sebagai liun. Sedangkan di daerah Purworejo dan sekitarnya, bahasa daerah untuk minyak tanah adalah lengo potro. Lalu lain lagi di Solo dan sekitarnya, menyebut minyak tanah adalah lengo pet.

Mungkin sebetulnya ketiga sebutan lain dalam bahasa daerah itu punya kata dasar yang sama yaitu petroleum. Dari bahasa serapan yang “disesuaikan”. Lengo pet, lengo potro, dan liun adalah sama untuk menyebut minyak tanah atau petroleum.


Aksi

Information

3 responses

19 12 2011
Toni

hemm masyarakat jawa tengah kreatif juga yakk, bisa jadi akronim gitu hhhee…

19 12 2011
nurrahman

wah tumben master mampir😀, jawa tengah kaya akan logat2 jawa yg berbeda2 . . . .he3

7 01 2012
Semprong « nurrahman's blog

[…] dan lunak. Gambar di atas adalah kue semprong yang tersedia di salah satu toko oleh-oleh khas Purworejo, Toko Hidayat. Rate this: sebarkan pula di :ShareFacebookTwitterLike this:SukaBe the first to like […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: