Cendol dan Es Kelapa Muda

22 12 2011

Cendol dan Es Kelapa MudaJika beberapa bulan lalu Rendang Indonesia masuk dalam daftar makanan top versi CNNGo, maka giliran bulan ini Cendol dan Es Kelapa Muda masuk dalam daftar minuman terlezat di dunia. Seperti dikutip di website resmi CNNGo, Cendol dan Es Kelapa Muda sebagai minuman asli yang berasal dari Indonesia masuk dalam daftar Worlds 50 Most Delicious Drinks. CNNGo merupakan website yang memuat konten seperti  travel, lifestyle, personalities, dan latest trends. Diluncurkan pada September 2009, menghubungkan jaringan independen di 8 kota yakni Bangkok, Hongkong, Mumbai, Seoul, Shanghai, Singapore, Sidney, dan Tokyo.

Cendol merupakan minuman khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Rasa minuman ini manis dan gurih. Di daerah Sunda, minuman ini dikenal dengan nama cendol sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan nama es dawet. Berkembang kepercayaan populer dalam masyarakat Indonesia bahwa istilah “cendol” mungkin sekali berasal dari kata “jendol”, yang ditemukan dalam bahasa Sunda, Jawa dan Indonesia; hal ini merujuk sensasi jendolan yang dirasakan ketika butiran cendol melalui mulut kala tengah meminum es cendol.

Kutipan dari wikipediaTepung beras diolah dengan diberi pewarna berwarna hijau dan di cetak melalui saringan khusus, sehingga berbentuk buliran. Pewarna yang digunakan awalnya adalah pewarna alami dari daun pandan, namun saat ini telah digunakan pewarna makanan buatan. Di Sunda cendol dibuat dengan cara mengayak kukusan tepung beras yang diwarnai dengan daun suji dengan ayakan sehingga diperoleh bentuk bulat lonjong yang lancip di ujungnya. Di Sunda minum cendol disebut nyendol.

Minuman ini biasanya disajikan sebagai pencuci mulut atau sebagai makanan selingan. Sesuai disajikan disiang hari.

Dikutip dari wikipedia pula, Es Kelapa Muda merupakan minuman berbahan dasar daging buah muda berwarna putih dan lunak, atau sebutan lainnya adalah es degan. Cairan tersebut mengandung beraneka enzim dan memilki khasiat penetral racun dan efek penyegar/penenang.

***

Cendol dan Es Kelapa Muda sudah sangat dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Semua tentu pernah menikmatinya. Minuman segala kalangan dan terjangkau. Jadi paling tidak, masuknya dua minuman asli Indonesia itu bisa mengingatkan kembali bahwa Indonesia kaya akan ragam kekayaan makanan dan minuman. Bahkan dunia mengakuinya, seperti salah satu bukti di atas. Mensyukuri dengan memanfaatkan sedemikian rupa hingga jangan sampai kufur nikmat.

Dan memanfaatkan berita di atas sebagai salah satu daya jual lain untuk semakin memikat wisatawan baik dalam dan luar negri, khususnya bagi para penjual kuliner Cendol & Es Kelapa Muda di area wisata adalah sah-sah saja. Semoga tambah laris!

Iklan

Aksi

Information

3 responses

25 12 2011
tya

hmm, di Solo banyak penjual cendol dan es kelapa muda hahaha

1 01 2012
rumah tenun troso

sekarang kita patut banga, dunia mengakui jika ES cendol minuman terlenjat didunia……

18 09 2013
mesin kasir

waaahhhh hebaaaattt 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: