Menilai Orang Lain dari Penampilan

20 02 2012

Menilai Orang Lain dari PenampilanSeorang bapak yang sedang hendak membeli kabel di sebuah toko bangunan datang dengan bersepeda. Dengan kaos oblong dan celana kolor. Lalu memilih kabel yang diinginkan. Karena contoh yang ditawarkan mbak si penjaga toko tidak ada yang sesuai dengan keinginan bapak tadi, maka ia lalu bilang; “Mbak ada yang lebih bagus lagi tidak?”. Si mbak penjaga toko lalu berkata; “wah pak, kalau yang lebih bagus ya lebih mahal”. Spontan si bapak tadi kurang nyaman dengan jawaban si mbak penjaga toko. Lalu menimpali dengan nada cukup tinggi; “Mbak, sampean dan toko ini seisinya saja bisa saya beli”. Suara tinggi si bapak membuat juragan si pemilik toko mendengarnya. Lalu keluar dan segera bisa menilai apa yang sedang terjadi. Sebuah kesalahpahaman dari penilaian orang hanya mengenai penampilan fisik atau penampilan luar saja. Segeralah si juragan meminta maaf dan juga meminta si mbak penjaga toko untuk mengambilkan barang yang diminta si bapak tadi.

Setelah si bapak pulang usai transaksi diselesaikan, si juragan berkata pada penjaga toko; “Kamu belum tau ya, bapak tadi itu memang petani desa. Tapi dia juragan berhektar-hektar ladang dan punya banyak usaha lain seperti persewaan properti sejenis ruko”.

***

Sebuah kisah nyata dari cerita seorang teman, terjadi di kampung sebelah dari tempat tinggalnya. Memang kekayaan harta seseorang tidak selalu tercermin dari penampilan luarnya. Begitu pula dengan kekayaan hati. Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, tapi punya harkat derajat dan martabat yang sama.

Iklan

Aksi

Information

2 responses

22 02 2012
Dyens Uzumaki

sangat menarik untuk dibaca
.

24 02 2012
Bebek Goreng Haji Slamet « nurrahman's blog

[…] Tapi salah satu lokasi kuliner yang bisa melakukan itu adalah Bebek Goreng H. Slamet. Dari segi penampilan luar bangunan lokasi Bebek Goreng H. Slamet, orang-orang sudah bisa menebak mengenai harga. Karena […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: