Mahir Menulis

5 03 2012

Mahir MenulisBuku Mahir Menulis (Kiat Jitu Menulis Artikel Opini, Kolom & Resensi Buku) adalah karya salah satu guru besar UGM dari bidang Ekonomi yaitu Prof. Mudrajad Kuncoro, Ph.D. Penerbit Erlangga, tahun 2009. Beli di Togamas Jogja seharga Rp. 28.000,-. Buku ini mengajak para pembaca untuk mau menulis dan menumbuhkan motivasi menulis. Di bagian pertama atau awal buku ini, penulis memberikan banyak falsafah dan alasan mengapa setiap orang harus menulis, serta meyakinkan bahwa setiap orang punya bakat menulis. Dan menulis itu bisa menjadi kaya. Penulis memang aktif menulis di berbagai media dan punya banyak karya dalam bentuk buku. Sehingga banyak petunjuk dan acuan teknis yang diberikan sesuai dengan pengalaman penulis.

Mulai dari bagaimana mengelola waktu untuk menulis, penjelasan berbagai jenis tulisan (reportase, esai, artikel opini, kolom, tajuk rencana, resensi buku), gaya penulisan (narasi, deskripsi, argumentasi, eksposisi), mencari inspirasi memilih topik, membuat GBHN (Garis-garis besar haluan menulis), perlunya pengeditan, hingga meningkatkan peluang agar tulisan dimuat di media. Dilengkapi dengan contoh-contoh artikel opini, kolom dan resensi buku. Baik tulisan dari Prof. Mudrajad atau dari sumber yang lain. Selain itu, dilengkapi pula dengan beberapa alamat redaksi media.

Penjelasan teknis yang lebih detail untuk masing-masing jenis tulisan (yaitu artikel opini, resensi buku, kolom) memang sebetulnya bisa dibilang cukup minim. Serasi dengan ketebalan buku yang memang cukup tipis (150-an halaman). Tapi penulis memberikan sisi lain berupa contoh-contoh dari masing-masing jenis tulisan agar lebih mudah dipahami pembaca.

Dilihat dari gelar akademis penulis, mungkin terkesan buku teoritis untuk kalangan akademis atau kalangan kampus saja. Tapi sebetulnya tetap pas untuk semua kalangan.


Aksi

Information

3 responses

5 03 2012
Asop

Wow.😀
Saya mau bukunya.:mrgreen:

7 03 2012
nurrahman

ternyata dijual juga secara online di erlangga shop)😀

19 03 2012
obat sakit mempercepat sembuh luka bakar

yang saya sadari dari menulis itu: yang penting konsisten dalam setiap karya yang sedang digarap…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: