Industrial Festival 2012

9 03 2012

Industrial Festival 2012Industrial Festival 2012 (INDFEST) adalah sebuah event atau serangkaian kegiatan yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) Universitas Andalas (Padang, Sumatera Barat). Acara Industrial Festival (INDFEST) telah diselenggarakan mulai dari tahun 2009 dan telah menjadi acara rutin hingga tahun 2011. Dikutip dari website resminya, dikatakan bahwa Industrial Festival (INDFEST) dirasa sangat potensial untuk dilanjutkan. Karena rangkaian acaranya tidak hanya memberikan manfaat bagi mahasiswa Universitas Andalas saja, tetapi juga kepada mahasiswa di seluruh Indonesia, bahkan pelajar dan masyarakat pada umumnya. Hal ini terkait sasaran dari rangkaian acara Industrial Festival (INDFEST) yang begitu beragam di setiap kegiatannya. Selain itu rangkaian acara Industrial Festival (INDFEST) juga dapat menjadi ajang perkenalan Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) pada khususnya dan Universitas Andalas sendiri pada umumnya di tingkat nasional.

Tema dari rangkaian acara Industrial Festival (INDFEST) 2012 adalah : “Green Industries”. Dengan rangkaian acara sebagai berikut :

1. Seminar Nasional

Acara Seminar Nasional ini diangkat dengan tema : “Green Technology For Green Business Opportunities”; Inovasi Teknologi Ramah Lingkungan Sebagai Peluang Bisnis yang Menjanjikan di Masa Depan. Hari / Tanggal : Kamis/ 26 April 2012. Bertempat : Aula Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa Lt. 1, Universitas Andalas, Padang.

2. Indonesian Student Entrepreneurship Award (ISEA)

ISEA (Indonesian Student Entrepreneurship Award) merupakan kegiatan perlombaan business plan tingkat nasional yang merupakan salah satu dari rangkaian acara Industrial Festival 2012 (Indfest 2012). Indfest 2012 kali ini mengusung tema “Green Industries” menyikapi maraknya isu mencegah terjadinya global warming yang secara tidak langsung juga dipengaruhi oleh kegiatan industri-industri yang ada di dunia ini. Menyikapi permasalahan ini, maka ISEA 2012 menjadikan “Green Business for a Better Future” sebagai tema utama dalam ISEA 2012 kali ini.

Green Business adalah bisnis atau usaha yang tidak memiliki dampak negatif bagi lingkungan, komunitas, masyarakat ataupun ekonomi baik dalam cakupan lokal maupun global. Kegiatan go green di kalangan industri usaha saat ini cukup marak dijalankan oleh para pelaku usaha baik di Indonesia maupun di dunia. Contohya, seperti aktivitas beberapa perusahaan besar antara lain mengurangi penggunaan kertas ataupun menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan dalam proses produksi dari perusahaan tersebut. Green business sendiri merupakan salah satu jalan keluar dalam mengatasi permasalahan global warming yang merupakan salah satu masalah terbesar yang dialami dunia saat ini.

ISEA 2012 kali ini menetapkan bahwa usaha yang akan diikutsertakan harus bergerak di bidang KULINER. Penetapan bidang kuliner sebagai fokus usaha pada ISEA 2012 kali ini dikarenakan potensi usaha yang dimiliki sangat baik dan memiliki prospek yang bagus untuk ke depannya. Contohnya seperti bisnis masakan padang, warung sate madura ataupun usaha kuliner lain yang cukup digemari oleh masyarakat. Namun, usaha kuliner ini banyak yang belum terlalu memikirkan efek yang diberikan usaha tersebut kepada lingkungan. Oleh karena itu, usaha kuliner ini harus mulai difokuskan untuk menjadi sebuah usaha yang ramah lingkungan (green business).

3. Indonesian Factory Design Competition (IFDC)

Indonesian Factory Design Competition (IFDC) merupakan suatu ajang kompetisi yang menantang para engineer muda dalam merencanakan serta merancang suatu pabrik yang potensial untuk dikembangkan di Indonesia dengan mempertimbangkan aspek ramah terhadap lingkungan. Melalui ajang kompetisi ini diharapkan nantinya dapat menjadi salah satu motor penggerak dunia perindustrian Indonesia dalam menerapkan serta menciptakan industri yang ramah terhadap lingkungan sehingga dapat meminimasi dampak negatif industri, terutama terhadap segi lingkungan yang banyak dirasakan selama ini.

Acara Indonesian Factory Design Competition (IFDC)ini diangkat dengan tema : “Green Factory for a Better Future

4. Indonesian High School Student Competition (IHSSC)

Indonesian High School Student Competition (IHSSC) merupakan sebuah lomba tingkat sekolah menengah atas/sederajat se-Indonesia. Peserta yang akan mengikuti Indonesian High School Student Competition (IHSSC) diwajibkan mengirimkan karya tulisnya. Karya tulis dapat dibuat setelah peserta menentukan sebuah usaha kecil menengah (UKM) yang berkembang dalam usaha makanan tradisional di daerah asal peserta, maka peserta dapat melakukan analisis sistem terhadap UKM tersebut. Analisis yang dilakukan terhadap UKM tersebut adalah, apakah UKM tersebut sudah menerapkan konsep green atau belum didalam sistemnya. Jika sudah, apakah sistem green yang dijalankan sudah tepat dan benar. Dan apabila UKM tersebut belum menerapkan sistem green didalam sistemnya, maka dapat di analisis apakah sistem green dapat diterapkan pada UKM tersebut dan bagaimana penerapan seharusnya di dalam UKM tersebut. Selain itu, peserta juga diminta untuk menganalisis proses pengemasan dari makanan tradisional tersebut. Berdasarkan analisis tersebut peserta dituntut untuk mampu memperbaiki pengemasan dari makanan tradisional tersebut, dengan mempertimbangkan nilai tambah yang dapat dihasilkan. Selain itu aspek penilaian yang juga harus dipertimbangkan oleh peserta adalah green, estetika, ekonomi, efektif, nyaman, aman, sehat, dan efisien.

5. Lomba Dan Workshop Fotografi

Lomba dan Workshop Fotografimerupakan kegiatan perlombaan fotografi tingkat nasional yang merupakan salah satu dari rangkaian acara Industrial Festival 2012 (INDFEST 2012). Seperti halnya dengan perlombaan fotografi lainnya, peserta diminta untuk mengirimkan hasil karya mereka. Karya berupa hasil potret yang sesuai dengan tema yang telah ditentukan dan dikirimkan kepada panitia untuk kemudian dipamerkan dalam sebuah galeri. Penilaian hasil karya terbaik dilakukan oleh tiga orang juri. Penilaian untuk menentukan juara favorit dilakukan oleh pengunjung pameran. Selain lomba fotografi, INDFEST 2012 juga mengadakan workshop fotografi. Workshop ini diadakan untuk para pecinta fotografi yang ingin menambah ilmu dan pengalaman dalam dunia fotografi.

Acara Lomba Fotografi ini diangkat dengan tema : “Industries Through The Lens

***

Untuk Informasi Lebih Lanjut Dapat Menghubungi :

CONTACT PERSON (CP) :
– Alwedria Zamer (+6283181792334)
– Ryan Amirulfiras (+6283182028005)

Atau E-mail : indfest.unand@gmail.com
http://industrialfestival.com/
https://twitter.com/#!/INDFEST2012

http://www.youtube-nocookie.com/v/ztxtHUXDqdk?version=3&hl=id_ID


Aksi

Information

3 responses

11 03 2012
Lomba Bisnis Plan 2012 « nurrahman's blog

[…] kegiatan perlombaan business plan tingkat nasional, yang merupakan salah satu dari rangkaian acara Industrial Festival 2012 (Indfest 2012). Pendaftaran Dilakukan pada tanggal 1 Maret – 1 April […]

16 03 2012
Lomba Bisnis Plan 2012 | Blog Kang Mas Edy

[…] kegiatan perlombaan business plan tingkat nasional, yang merupakan salah satu dari rangkaian acara Industrial Festival 2012 (Indfest 2012). Pendaftaran Dilakukan pada tanggal 1 Maret –1 April […]

23 07 2012
ary (@ary_futsal)

hai sexy, folow aku juga ya. kita bisa sharing kisah pengalaman, CS, PS, atau bahkan Real Sex it’s okay

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: