Bumi Manusia

13 05 2012

Bumi ManusiaBumi Manusia adalah seri pertama Tetralogi Pulau Buru karya mendiang Pramoedya Ananta Toer. Berkisah tentang sosok Minke, seorang pemuda pada masa itu tahun 1898. Tepatnya kisah diceritakan di wilayah Surabaya. Minke lahir pada tahun 1880 sebagai seorang anak pejabat. Tepatnya anak Bupati di kota B. Tapi ia sama sekali tidak punya keinginan untuk
menjadi seorang bangsawan seperti Ayahnya. Ia termasuk salah satu dari segelintir pemuda pribumi yang peduli terhadap kondisi lingkungan sekitar. Ia menulis untuk menyuarakan keinginannya. Merupakan pelajar yang pintar di sekolah, sekolah yang memang khusus untuk orang-orang keturunan bangsawan.

Minke jatuh cinta pada seorang gadis yang bernama Annelis. Anak seorang gundik dari Tuan Mellema, Nyi Ontosoroh. Akhirnya mereka menikah. Tapi Minke tetap seperti apa adanya. Hingga akhirnya cobaan pertama datang dimana Minke harus menerima kenyataan dimana Annelis harus mengalami permasalahan hukum. Tepatnya mengenai status anak dari perkawinan Nyi Ontosoroh dengan Tuan Mellema. Minke belajar banyak hal dari seorang Nyi Ontosoroh. Minke, adalah representasi kisah hidup dari seorang Raden Mas Tora Aris Surjo (TAS).


Aksi

Information

9 responses

23 05 2012
ysalma

Yang pertamanya ternyata ini🙂

4 06 2012
FansWebID

isinya tentang apa om?

4 06 2012
nurrahman

tentang sejarah berdirinya Nusantara dari sisi pergerakan nasional mewujudkan Indonesia

6 06 2012
kontraktor bangunan

salam kenal slalu ya…:)

12 06 2012
Jagonya Mesin Kasir

artikelnya bagus gan, bwt nambah2 referensi sejarah aja nie🙂

28 06 2012
Dr. Mesin Kasir

bagus ini kayaknya😀
beli beli ahh :p

3 07 2012
Jejak Langkah « nurrahman's blog

[…] Langkah adalah seri ketiga dari Tetralogi Pulau Buru. Seri pertama berjudul Bumi Manusia, sedangkan seri kedua bertajuk Anak Semua Bangsa. Jejak Langkah dimulai dengan menceritakan Minke […]

7 07 2012
Rumah Kaca « nurrahman's blog

[…] Tetralogi Pulau Buru. Rumah Kaca adalah seri yang paling berbeda dari ketiga seri sebelumnya; Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, dan Jejak Langkah. Sebab sudut pandang orang pertama penulis adalah bukan lagi […]

19 04 2013
mesin kasir

spertinya sh bgus, jdi pengen beli

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: