Anak Semua Bangsa

15 05 2012

Anak Semua BangsaAnak Semua Bangsa adalah seri kedua dari Tetralogi Pulau Buru. Pada seri kedua ini menceritakan perjuangan batin Minke dimana istrinya yakni Annelis harus dibawa paksa ke Belanda. Tetapi pihak keluarga Nyi Ontosoroh tidak tinggal diam, sehingga dikirimlah seorang teman sekolah Minke yang bernama Panji Darman alias Jan Depperste untuk memantau keadaan Annelis di sana. Komunikasi melalui surat-menyurat. Di sisi lain Minke tak mau tinggal diam melawan keadaan. Dia terus belajar kepada Nyi Ontosoroh tentang banyak hal. Mulai dari menjalankan bisnis, urusan hukum, hingga menjadi inspirasinya untuk menulis.

Anak Semua Bangsa

Anak Semua Bangsa adalah periode observasi atau turun ke bawah mencari serangkaian spirit lapangan dan kehidupan arus bawah pribumi yang tak berdaya melawan kekuatan raksasa Eropa. Di titik ini, Minke diperhadapkan antara kekaguman yang melimpah-limpah pada peradaban Eropa dan kenyataan di selingkungan bangsanya yang kerdil. Sepotong perjalanannya ke Tulangan Sidoarjo dan pertemuannya dengan Khouw Ah Soe, seorang aktivis pergerakan Tionghoa, korespondensinya dengan keluarga De la Corix (Sarah, Miriam, Herbett), teman Eropanya yang liberal, dan petuah-petuah Nyai Ontosoroh, mertua sekaligus guru agungnya, kesadaran Minke tergugat, tergurah, dan tergugah, bahwa ia adalah bayi semua bangsa dari segala jaman yang harus menulis dalam bahasa bangsanya (Melayu) dan berbuat untuk manusia-manusia sebangsanya.

Iklan

Aksi

Information

17 responses

15 05 2012
wibisono

wah kayaknya menarik bukunya. apalagi tentang keanekaragaman indonesia. 😀

16 05 2012
nurrahman

betul, dan sebaiknya khatam dulu seri pertama baru dilanjutkan yang seri 2, 3, dan 4 😀

16 05 2012
wibisono

oke mas. Siap.. 😀

15 05 2012
Obat kanker payudara

pengent baca langsung dchh 🙂

17 05 2012
Komputer Kasir

nice info gan! ane jdi g sbar baca bukunya nih 🙂

18 05 2012
obat sakit batu ginjal

mh…review yang menarik,,,

20 05 2012
kawanlama95

Sebuah buku selalu ada nilai yang bisa di ambil tetapi sering kali kita mengabaikan sebuah buku.inilah yang seringkali kita tak mampu membaca namun bila saja membaca bukunya barulah kita akan sadar .

22 05 2012
asam urat

..maksih atas infonya ya sob

23 05 2012
ysalma

hmmm, penasaran,
harus mbaca empat buku berarti nih,,

24 05 2012
Gamat Luxor

wah buku yang menarik juga ni kayaknya

segera ngmpulin uang ah buat beli

29 05 2012
putrijeruk

buku-buku pramoedya ananta toer emang selalu menarik 🙂
tapi aku belum baca yang ituuu 😐

28 06 2012
Dr. Mesin Kasir

penasaran sama bukunya 😀
tapi beli dimana ?

29 06 2012
nurrahman

jangan beli di toko material gan, tapi di toko buku aja 😀

3 07 2012
Jejak Langkah « nurrahman's blog

[…] dari Tetralogi Pulau Buru. Seri pertama berjudul Bumi Manusia, sedangkan seri kedua bertajuk Anak Semua Bangsa. Jejak Langkah dimulai dengan menceritakan Minke yang sudah memasuki sekolah […]

7 07 2012
Rumah Kaca « nurrahman's blog

[…] Pulau Buru. Rumah Kaca adalah seri yang paling berbeda dari ketiga seri sebelumnya; Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, dan Jejak Langkah. Sebab sudut pandang orang pertama penulis adalah bukan lagi Minke. Minke yang […]

19 04 2013
mesin kasir

tak tunggu seri selanjutnya gan

18 09 2013
mesin kasir

maksih atas infonya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: